Rabu, 25 Juli 2018

Pembelahan Meiosis

Meiosis atau pembelahan reduksi adalah pembelahan yang menghasilkan sel anakan dengan jumlah kromosom setengah jumlah kromosom sel induk. Pembelahan meiosis sangat penting bagi organisme yang berkembang biak secara seksual, yaitu dalam proses pembentukan gamet (gemetogenesis). Meiosis mengalami pembelahan inti dua kali sehingga satu sel diploid (2n) akan menghasilkan empat sel haploid (n). Tahapan pembelahan sel pertama disebut meiosis I dan tahapan dari pembelahan sel kedua disebut meiosis II.

Pembelahan Meiosis (Pembelahan Reduksi)
a. Meiosis I
Meiosis I terdiri atas profase I, metafase I, anafase I, dan telofase I.

1) Profase I
Profase I merupakan tahap terpanjang dibandingkan tahapan meiosis I yang lain.
a) Leptoten
Pada tahap ini kromatin berubah menjadi kromosom. Pada beberapa organisme, kromosom tersebut mengandung bentukan-bentukan seperti manik-manik yang mudah menyerap warna dengan kuat. Bentukan seperti manik-manik itu disebut kromomer.
b) Zigoten
Pada tahap ini sentrosom membelah menjadi dua sentriol dan bergerak ke kutub berlawanan. Kromosom yang terdiri atas dua kromatid berpasangan dengan homolognya. Perpasangan disebut sinapsis.
c) Pakiten
Setiap kromosom melakukan replikasi menjadi dua kromatid dengan sentromer yang masih menyatu. Setiap kromosom yang berpasangan mengandung empat kromatid yang disebut sinapsis.
d) Diploten
Kromosom homolog saling menjauhi sehingga terbentuk perlekatan berbentuk X yang disebut kiasma. Kiasma merupakan tempat terjadinya peristiwa pindah silang.
e) Diakinesis
Di awal diakinesis, kromosom kembali terbentuk. Transkripsi berhenti, tetrad mulai bergerak ke ekuator spindel. Benang spindel mulai menyebar.

2) Metafase I
a) Kromosom homolog (tetrad) bergerak ke bidang ekuator dengan sentromer mengarah ke kutup.
b) Masing-masing kromosom berikatan dengan benang spindel pada bagian sentromer.

3) Anafase I
a) Kromosom homolog ditarik oleh benang spindel ke arah kutub pembelahan sehingga tetrad berpisah dan kromosom bergerak menuju kutub yang berlawanan.
b) Membran sel mulai melekuk di bagian tengah.
c) Tujuan anafase I yaitu membagi isi kromosom diploid menjadi haploid.

4) Telofase I
a) Retikulum endoplasma membentuk membran inti di sekitar kelompok kromosom pada kutub pembelahan.
b) Nukleolus yaitu pembelahan sitoplasma menjadi dua bagian sehingga terbentuk dua sel anakan dengan kromosom yang sudah haploid.

0 komentar:

Posting Komentar